Adenoma Hipofisis

Fitra Fitra, Irwan Barlian Immadoel Haq, Rahadian Indarto Susilo, Joni Wahyuhadi

Departemen Bedah Saraf, RSUD Dr. Soetomo/ FK Unair, Surabaya

Gambar 1. Lokasi kelenjar hipofisis

Hipofisis adalah suatu kelenjar yang terletak di dasar otak, berukuran kecil seperti kacang yang berfungsi dalam menghasilkan hormon. Hormon yang dihasilkan hipofisis merupakan hormon pengatur, yaitu hormon yang merangsang organ tubuh lainnya untuk menghasilkan hormon tertentu. Sebagai contoh, hormon yang dihasilkan hipofisis merangsang kelenjar adrenal untuk menghasilkan hormon adrenal, merangsang kelenjar tiroid untuk menghasilkan hormon tiroid, serta merangsang organ reproduksi untuk menghasilkan hormon seks.

Adenoma hipofisis adalah tumor jinak yag berasal dari kelenjar hipofisis. Tumor ini tumbuh lambat dan tidak menyebar ke organ yang lain namun akan menimbulkan gejala jika ukuran tumor menekan jaringan yang berada di sekitarnya. Keluhan yang paling sering adalah gangguan pandangan karena lokasinya yang dekat dengan saraf mata.

Adenoma hipofisis juga dapat mempengaruhi jaringan hipofisis normal sehingga menyebabkan gangguan hormonal. Gejala yang muncul sangat tergantung pada efek ukuran masa tumor yang menekan saraf mata atau efek dari hormonn yang dihasilkan oleh adenoma hipofise. Secara umum gejala yang dapat timbul seperti, nyeri kepala, gangguan penglihatan dan jarak pandang, gangguan gerak bola mata, mual dan muntah, perubahan prilaku seperti depresi dan kecemasan, infertilitas, mudah Lelah, penambahan atau pengurangan berat badan tanpa sebab yang jelas, menopause tiba-tiba, perubahan siklus haid, dan intoleransi suhu dingin.

Diagnosis Adenoma hipofisis ditegakkan mulai dari keluhan dan pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium yang meliputi pemeriksaan hormon pada darah dan pemeriksaan radiologi seperti CT Scan atau MRI untuk melihat ukuran dan perkembangan dari adenoma Hipofisis. Pemeriksaan penglihatan dan lapangan pandang juga merupakan pemeriksaan yang essensial dalam mendiagnosis adenoma hipofisis.

Penanganan adenoma hipofisis meliputi penanganan pembedahan, penanganan dengan obat-obatan, radioterapi maupun gabungan dari salah satu atau keseluruhannya. Tindakan pembedahan adenoma hipofisis yang saat ini paling popular adalah dengan menggunakan endoscopi, yaitu teropong kamera yang dimasukkan melalui hidung menuju lokasi kelenjar hipofisis tanpa perlu mengiris kulit kepala. Teknik ini memungkinkan pemulihan yang cepat dan tnapa bekas yang terlihat dari luar.

Gambar 2. Terapi operatif pada pasien adenoma hipofisis, skema menunjukkan kondisi sebelum dan sesudah dilakukan operasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *